Fakta, Inilah Negara Pengguna Ponsel yang Memakai Kuota Data Internet Paling Boros!

negara paling boros kuota

Tak lama ini Ericsson melakukan rilis laporan terbarunya yang berhubungan dengan penggunaan kuota data internet oleh pemakai perangkat mobile edisi bulan Juni tahun 2019. Dalam laporan yang memiliki judul Ericsson Mobility Report June 2019 tersebut, menyatakan negara mana yang pengguna ponselnya paling boros mengonsumsi kuota data selama tahun 2018. Dan negara yang disebutkan adalah India.

Lebih lanjut Ericsson menyebutkan bahwa pengguna ponsel di India mengonsumsi rata-rata sekitar 9,8 GB kuota data untuk setiap bulannya di tahun 2018. Sebagai catatan bahwa yang dimaksud India disini mencangkup India, Nepal, serta Bhutan. Dalam laporannya Ericsson menulisakan bahwa tingginya pelanggan LTE, penawaran data oleh operator yang menarik, dan hobi anak muda ikut andil dalam pertumbuhan konsumsi data.

Tingginya tingkat pemakaian data internet di India disebabkan karena harga kuota data mobile yang dibandrol dengan harga yang murah. Reliance Jio yang merupakan salah satu operator seluler baru di India tersebut mematok harga untuk paket data internet sebesar 149 rupee atau sekita Rp 30.000 untuk 1,5 GB dengan masa aktif yang panjang yakni 28 hari.

Prediksi Kenaikan Konsumsi Kuota Data Internet di India

Lebih lanjut Ericsson melakukan prediksi terhadap tingginya pemakain kuota data di India untuk tahun 2024 yakni akan mencapai 18 GB pemakaian setiap bulannya. Untuk Asia Tenggara sendiri, pemakaian kuota data setiap bulannya rata-rata sekitar 17 GB pada tahun 2024. Ericsson memperkirakan lonjakan tinggi terhadap konsumsi kuota data pada 2024 terjadi pada wilayah Amerika Utara.

Amerika Utara pada tahun 2018 mengonsumsi kuota data internet setiap bulannya rata-rata 7 GB dan diprediksi akan naik pada tahun 2024 menjadi rata-rata 39 GB per bulannya. Peningkatan konsumsi data internet tersebut dipengaruhi oleh penguatan ekonomi, tersedianya jaringan 5G dengan kecepatan baik, serta aplikasi dan konten yang lebih inovatif sehingga mampu menarik para pengguna ponsel.

Secara umum, Ericsson mengatakan bahwa peningkatan konsumsi dari data internet yang semakin tinggi disebabkan karena semakin mutakhirnya kapabilitas dari perangkat, pembandrodalan harga dari kuota data yang semakin murah, serta adanya peningkatan dari konten yang intensif data. Sehingga membuat para pengguna ponsel lebih banyak mengonsumsi data internet.

Melihat Konsumsi Orang Indonesia Terhadap Kuota Data Internet Setiap Bulannya

Kawasan Asia Tenggara berada pada posisi ke empat sebagai wilayah terbanyak yang menyedot bandwitdth kuota data mobile yaitu sebesar 2,2 Exabyte setiap bulannya. Data tersebut dihasilkan dari laporan Ericsson Mobility Review yang dijelaskan pada sebuah acara pemaparan hasil penelitian yang berlangsung di Jakarta. Lalu bagaimana dengan penggunaan data internet oleh warga negara Indonesia?

Ericsson menyebutkan bahwa pengguna ponsel di Indonesia masuk dalam kategori ‘heavy user’ internet mobile sebab per orangnya rata-rata bisa menghabiskan kuota data pada internet lebih dari 5 GB per bulannya. Nilai konsumsi data internet di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal tersebut terjadi tak lain karena video yang makin signifikan. Peningkatan tersebut terjadi pada 2017.

Lebih lanjut kenaikan penggunaan data tersebut disebabkan karena kualitas video yang besar, resolusi gambar yang begitu bagus, dan media sosial yang memuat banyak konten video. Wah, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sehari-hari Anda lakukan, bukan? Demikianlah informasi terkait dengan negara pengguna kuota data internet paling boros di dunia, semoga bermanfaat.